PENGUMUMAN KEMDIKBUD

Sabtu, 01 Juli 2017

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII K13 REVISI 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 4)

Satuan Pendidikan
:

Mata Pelajaran
:
BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester
:
VII / 1
Materi
:
Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu
:
24 jam pelajaran (12 pertemuan)


A.      Kompetensi Inti
1.        
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.        
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.        
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        
3.7   Mengidentifikasi informasi dari  teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
Mendaftar kata/kalimat  sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.        
4.7   Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa  buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari
Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi
3.        
3.8   Menelaah  struktur, kebahasaan, dan isi  teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
Menjelaskan hasil telaah terhadap  struktur teks  laporan hasil observasi
Menjelaskan  perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada  teks laporan hasil observasi
Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur dan bahasa
menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
4.        
4.8   Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi
Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.       Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.       Mendaftar kata/kalimat  sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.       Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
4.       Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari
5.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi
6.       Menjelaskan hasil telaah terhadap  struktur teks  laporan hasil observasi
7.       Menjelaskan  perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
8.       Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada  teks laporan hasil observasi
9.       Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur dan bahasa
10.   menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
11.   Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi
12.   Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

D.      MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengertian teks laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/penelitian secara sistematis.
Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat mejelaskan suatu hal secara  rinci dan dari sudut pandang keilmuan. 
Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sistematis. Laporan hasil observasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep/ ekosistem tertentu.
Teks laporan hasil observasi biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.
Jenis teks laporan hasil observasi
 1. OBSERVASI PARTISIPASI
Yaitu observasi yang melibatkan peneliti atau observer secara langsung dalam kegiatan pengamatan di lapangan. Jadi, peneliti bertindak sebagai observer, artinya peneliti merupakan bagian dari kelompok yang ditelitinya.
2. OBSERVASI NONPARTISIPASI
Adalah observasi yang dalam pelaksanaannya tidak melibatkan peneliti sebagai partisipasi atau kelompok yang diteliti. Cara ini banyak dilakukan pada saat ini.

2.       Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi 
1) Mengatasi suatu masalah,
2) Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.
3) Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
4) Mengadakan pengawasan dan perbaikan.
5) Menemukan teknik–teknik baru.

3.       Ciri Bahasa Teks Laporan Hasil Observasi
·         Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
·         Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).
·         Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.
·         Menggunakan kata penghubung yang menyatakan :
Tambahan : dan, serta
Perbedaan : berbeda dengan
Persamaan : sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal yang sama
Pertentangan : sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik
Pilihan : atau
·         Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
·         Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.

4.       STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI :
Pendahuluan
Di dalam pendahuluan, teks laporan hasil obesrvasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi umum/definisi umum.
Isi
Di dalam isi teks laporan hasil observasi terdapat deskripsi bagian dan deskripsi manfaat
Penutup
Di bagian penutup terdapat kesimpulan

5.       Cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi
1) Mendaftar kata-kata kunci pada teks.
2) Memetakan bagian-bagian pada teks hasil observasi.
3) Memetakan paragraf (memilah kalimat yang utama dan kalimat penjelas).
4) Menentukan kalimat utama (kalimat yang dijelaskan kalimat lain).
5) Merumuskan inti kalimat utama.

Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang  menggunakan kaidah/ strutur bahasa Indonesia dan pilihan kata baku. Ketidakefektifan kalimat dapat membuat pesan yang disampaikan pembicara atau penulis tidak sampai sehingga akan beda maknanya saat ditangkap oleh pendengar atau pembicara.
Unsur-Unsur kalimat Efektif
Sebuah kalimat dinyatakan efektif bila mengandung beberapa ciri khas, yaitu kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.
Keparalelan
Keparalelan adalah kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat itu. Artinya, jika bentuk pertama menggunakan nomina, maka bentuk kedua dan selanjutnya juga menggunakan nomina. Begitu pun dengan verba.
Kehematan
Kehematan adalah hemat mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. Kehematan tidak berarti harus menghilangkan kata-kata yang dapat menambah kejelasan kalimat. Ada beberapa kriteria penghematan, yaitu:
a.  Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghilangkan pengulangan subjek.
b.  Penghematan dapat dilakukan dengan cara menghindarkan pemakaian superordinat pada hiponimi kata.
c.   Penghematan kata dapat dilakukan dengan cara menghindarkan kesinoniman dalam satu kalimat.
d. Penghematan dapat dilakukan dengan cara TIDAK menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak.
Kecermatan
Kecermatan adalah bahwa kalimat itu tidak menimbulkan tafsir ganda, dan tepat dalam pilihan kata.

6.       LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI:
1.       Menentukan Topik
2.       Membuat judul laporan yang benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
3.       Menyusun kerangka laporan
4.       Menentukan Informasi yang Diperlukan dan Cara Mencari Informasi.
5.       Menata Informasi dan Hasil Rangkuman Menjadi Teks Hasil Laporan Observasi
6.       Menata Informasi yang Diperoleh Sesuai Struktur  Teks Hasil Observasi
7.       Memvariasikan Kalimat dan Pengembangan Paragraf pada Teks Laporan Hasil observasi.
8.       Menulis kalimat penutup.


E.       Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                               : Saintifik
Model                           : Discovery Learning
Metode                       : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

F.       Media dan Sumber Pembelajaran
Media                           :
Laptop, viewer, macam-macam teks prosedur, video
Sumber Belajar         :
Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas VII, Buku Bahasa Indonesia lain yang relevan, Internet, Lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

G.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP). Telaah Model: tujuan teks laporan hasil observasi
a.       Pendahuluan
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks laporan hasil observasi dalam komunikasi nyata (pada majalah/ jurnal ilmiah, buku pengetahuan populer, dan buku-buku pengetahuan yang lain. Untuk membangun konteks perlu disadarkan kebesaran Tuhan yang Maha Berilmu. Ilmu Tuhan  terpapar pada seluruh aspek kehidupan. Hal ini bertujuan agar siswa lebih menyadari perlunya terus mensyukuri dan berusaha mencari tahu ilmu Tuhan yang ditebarkan pada seluruh bumi, langit, dan lautan.  Pembelajaran dapat dibuka dengan puisi yang berisi kesadaran manusia tentang adanya ilmu Tuhan yang luas tak terbatas.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
-          Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
5)      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi beranggota 4-5 orang..
b.      Kegiatan Inti
1)      Mengamati
Salah seorang peserta didik maju untuk membacakan contoh teks laporan hasil observasi “Hutan bakau”, berikutnya peserta didik lain membacakan teks “Museum”
Peserta didik lain menyimak dan membaca dari buku masing-masing.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang isi teks dengan pertanyaan  (apa yang dilaporan hasil observasikan, informasi apa saja yang ada pada bagian teks)
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Guru membimbing Peserta didik mendiskusikan persamaan tujuan dari kedua teks tersebut dan isi yang dibahas pada teks tersebut.
4)      Menalar
Guru membimbing Peserta didik mendiskusikan mengenai ciri tujuan teks laporan hasil obeservasi
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/penelitian secara sistematis.Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat mejelaskan suatu hal secara  rinci dan dari sudut pandang keilmuan. Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sistematis. Laporan hasil observasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep/ ekosistem tertentu.Teks laporan hasil observasi biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai ciri tujuan laporan hasil observasi
4)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: ciri kebahasaan laporan hasil observasi
5)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 2 (2 JP). Telaah Model: ciri kebahasaan laporan hasil observasi
a.       Pendahuluan
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
-          Mendaftar kata/kalimat  sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti
1)      Mengamati
Salah seorang peserta didik maju untuk membacakan contoh teks laporan hasil observasi “Hutan bakau”, berikutnya peserta didik lain membacakan teks “Museum”
Peserta didik lain menyimak dan membaca dari buku masing-masing.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai kata-kata/istilah dalam teks tersebut
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Guru membimbing Peserta didik mendaftar istilah baku dan tidak baku, kalimat definisi, dan kalimat klasifikasi pada kedua teks tersebut.
4)      Menalar
Peserta didik mendiskusikan mengenai ciri kebahasaan laporan hasil obeservasi
·         Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
·         Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).
·         Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.
·         Menggunakan kata penghubung yang menyatakan :
Tambahan : dan, serta
Perbedaan : berbeda dengan
Persamaan : sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal yang sama
Pertentangan : sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik
Pilihan : atau
·         Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
·         Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai ciri kebahasaan laporan hasil observasi
4)      Peserta didik ditugaskan melengkapi kesimpulan yang disusun bersama kelompok dan mencatatnya di buku masing-masing sebagai tugas perorangan.
5)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: Menyimpulkan Isi Teks Hasil Observasi yang Didengar dalam Bentuk Diagram
6)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 3 (2 JP). Menyimpulkan Isi Teks Hasil Observasi yang Didengar dalam Bentuk Diagram
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
·         Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari
·         Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Salah seorang peserta didik maju untuk membacakan contoh teks laporan hasil observasi “Manggis”.
Peserta didik lain menyimak dan membaca dari buku masing-masing.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai informasi yang disajikan dalam teks tersebut
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Peserta didik mengerjakan latihan 1.1. menmbuat pohon isi dari teks
a) Apa yang dibahas pada teks tersebut?
b) Apa saja bagian-bagian yang diperinci?Tuliskan pada diagram berikut!
Ide pokok paragraf yang diberi nomor ( satu paragraf satu)
c) Isilah pohon berikut untuk memilah topik utama dan bagian-bagian
(terdapat pada tiap paragraf ) . Tulis  judul/ topik utama  pada akar dan rincian  bagian-bagian pada daun-daun pohon!
4)      Menalar
Peserta didik menentukan kalimat utama pada teks “Manggis” dan “Kunang-kunang”
Peserta didik memilah kalimat utama dan kalimat penjelas untuk menentukan gagasan pokok pada kedua teks tersebut.
Cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi
1) Mendaftar kata-kata kunci pada teks.
2) Memetakan bagian-bagian pada teks hasil observasi.
3) Memetakan paragraf (memilah kalimat yang utama dan kalimat penjelas).
4) Menentukan kalimat utama (kalimat yang dijelaskan kalimat lain).
5) Merumuskan inti kalimat utama.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai Isi Teks Hasil Observasi
4)      Peserta didik ditugaskan melengkapi kesimpulan yang disusun bersama kelompok dan mencatatnya di buku masing-masing sebagai tugas perorangan.
5)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: Menguraikan  Struktur Teks Hasil Observasi
6)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 4 (2 JP). Menguraikan  Struktur Teks Hasil Observasi
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Menjelaskan hasil telaah terhadap  struktur teks  laporan hasil observasi
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Peserta didik membaca teks “Pantai”.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab tabel rincian struktur teks hasil observasi.
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Peserta didik mendiskusikan ciri tiap bagian struktur teks laporan hasil observasi. Sruktur teks laporan hasil observasi mencakup: pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat,  simpulan (boleh ada boleh tidak).
4)      Menalar
Peserta didik membandingkan hasil diskusi dengan paparan mengenai struktur umum teks laporan hasil observasi
.
a) Pernyataan umum/ klasifikasi umum/ definisi umum; Pernyataan umum/definisi umum berisi definisi, kelas/ kelompok, keterangan umum, atau informasi tambahan  tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan). Ciri bahasa Teks Laporan Hasil Observasi adalah menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu, definisi menggunakan adalah dan merupakan. Penggunaan kata yang sebagai pembeda pada kalimat definisi.  
b) Deskripsi bagian: berisi perincian bagian- bagian hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau  tumbuhanberupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian  bagian yang lain.Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek. Ciri bahasa menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci). Deskripsi bagian menggunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektif. Kata sambung yang digunakan: yaitu, dan, selain itu, di samping itu, dari segi ...., rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan lain-lain.
c) Simpulan : berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan (simpulan ini boleh ada dan boleh tidak ada).
Guru memandu peserta didik menentukan struktur teks laporan hasil observasi pada teks “Kucing”.
Peserta didik berdiskusi untuk mengisi kolom paling kanan dengan nama bagian struktur teks laporan hasil observasi (definisi umum/ pernyataan umum dan  deskripsi bagian)
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai Struktur Teks Hasil Observasi
4)      Peserta didik ditugaskan melengkapi kesimpulan yang disusun bersama kelompok dan mencatatnya di buku masing-masing sebagai tugas perorangan.
5)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: Membandingkan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi
6)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 5 (2 JP). Membandingkan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Menjelaskan  perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Salah seorang peserta didik maju untuk membacakan teks “Si Piko, Kucingku”, kemudian peserta didik lain maju untuk membacakan teks “Kucing”.
Peserta didik lain menyimak dan membaca dari buku masing-masing.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai isi, bahasa yang digunakan dan informasi yang terdapat pada kedua teks tersebut.
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Peserta didik mendiskusikan objek yang dibahas, penggunaan istilah, penggunaan kata ganti orang, penggunaan bahasa, dan pola penyajian isi pada kedua teks tersebut.
4)      Menalar
Peserta didik menyimpulkan objek yang dibahas, penggunaan istilah, penggunaan kata ganti orang, penggunaan bahasa, dan pola penyajian isi pada kedua teks tersebut
• Teks Laporan 
- Teks laporan bersifat universal dan general
- Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan terhadap suatu hal yang dibahas.
- Teks laporan memiliki hubungan yang berjenjang antara suatu hal yang di bahas  dengan klasifikasinya  yang ada pada teks.
- Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya.
• Teks Deskripsi
- Teks deskripsi memiliki karakteristik individual dan unik
- Teks deskripsi menekankan pada uraian bentuk, karakteristik, dan gambaran sesuatu yang dideskripsikan.
- Teks deskripsi erat kaitannya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai Perbedaan dan persamaan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi
4)      Peserta didik ditugaskan melengkapi kesimpulan yang disusun bersama kelompok dan mencatatnya di buku masing-masing sebagai tugas perorangan.
5)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: Menelaah Bahasa pada Teks Laporan Hasil Observasi
6)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 6 (2 JP). Menelaah Bahasa pada Teks Laporan Hasil Observasi
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada  teks laporan hasil observasi
·         Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur dan bahasa
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Peserta didik membaca kembali teks “Manggis”, “Kunang-kunang” dan “Kucing”
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai istilah-istilah keilmuan yang ditemukan dalam ketiga teks tersebut.
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Peserta didik mendaftar istilah dan artinya yang ditemukan dalam ketiga teks tersbut, dan membuka kamus umum Bahasa Indonesia atau referensi lain untuk mencari pengertian/penjelasan mengenai istilah yang ditemukan.
4)      Menalar
Peserta didik mengerjakan tugas 2: Menelaah dan melengkapi teks “Terumbu Karang”
Bacalah pola pengembangan teks laporan hasil observasi pada kotak info di atas!
Telaahlah teks Terumbu Karang berikut dan tentukan bagian mana yang belum ada!
Daftarlah informasi apa saja yang akan kamu cari!
Cari informasi yang relevan pada ensiklopedi atau internet atau buku pengetahuan yang relevan!
Guru membimbing peserta didik menelaah dan memperbaiki kepaduan paragraf pada teks “Lebah”.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai penggunaan Bahasa pada Teks Laporan Hasil Observasi
4)      Peserta didik ditugaskan melengkapi kesimpulan yang disusun bersama kelompok dan mencatatnya di buku masing-masing sebagai tugas perorangan.
5)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: Menyunting kalimat yang mengungkapkan klasifikasi dan kalimat boros
6)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 7 (2 JP). Menyunting kalimat yang mengungkapkan klasifikasi dan kalimat boros
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Peserta didik membaca kembali “Terumbu Karang” yang telah dilengkapi oleh kelompok masing-masing.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab beberapa kalimat yang perlu diperhatikan dalam teks tersebut.
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Guru membimbing peserta didik untuk menemukan penggunaan kalimat yang tidak tepat dan boros.
Peserta didik memperbaiki kalimat tersebut sesuai dengan kaidah penyusunan paragraf dan
penyusunan kalimat efektif.
Peserta didik menandai kalimat boros dan penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada teks “Terumbu Karang”.
4)      Menalar
Setiap kelompok diberi tugas untuk menyunting teks yang berbeda (Teks yang telah dibaca/dibacakan sebelumnya) untuk menemukan: penggunaan kalimat tidak efektif, kalimat boros, penggunaan huruf kapital, tanda koma, dan tanda titik pada teks yang ditugaskan serta penggunaan kata baku dan tidak baku, dan penggunaan imbuhan asing pada teks.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
Kelompok lain menanggapi dengan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai Perbedaan dan persamaan Menyunting kalimat yang mengungkapkan klasifikasi dan kalimat boros
4)      Peserta didik secara berkelompok diberi tugas proyek untuk mengerjakan tugas menjadi reporter dengan video yang dipilih masing-masing kelompok mengenai flora atau fauna  Indonesia yang akan disajikan 2 Minggu lagi.
1) Pilihlah video dokumenter tentang binatang atau flora Indonesia.
2) Lihatlah video/ gambar tentang hewan secara cermat. Cari informasi dan rangkum isi tentang ciri fisik hewan, habitat hewan, makanan, perilaku hewan dan lain-lain.
3) Sajikan di depan kelas secara berantai 5-6 orang.
4) Lakukan berantai!
5) Bertindaklah seperti reporter televisi yang sedang mengisi suara pada video tentang flora fauna Indonesia.
6) Bahasa lisan yang kamu gunakan harus sesuai dengan gambar yang ditampilkan video!
5)      Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi untuk pertemuan berikutnya: Merangkum untuk Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
6)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 8 (2 JP). Merangkum untuk Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Peserta didik mengamati langkah membuat teks laporan hasil observasi.
2)      Menanya
Guru memberikan pertanyaan penuntun untuk memancing rasa ingin tahu peserta didik.
Peserta didik mengajukan pertanyaan terkait cara memilih topik dan menyusun kerangka untuk teks laporan hasil observasi.
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Peserta didik menentukan judul/topik yang akan dibuat laporan hasil observasi dan menyiapkan kerangka seperti contoh.
Guru membimbing peserta didik untuk menyusun kerangka teks laporan hasil observasi.
4)      Menalar
Peserta didik melakukan langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi.
1.       Menentukan Topik
2.       Membuat judul laporan yang benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
3.       Menyusun kerangka laporan
4.       Menentukan Informasi yang Diperlukan dan Cara Mencari Informasi.
5.       Menata Informasi dan Hasil Rangkuman Menjadi Teks Hasil Laporan Observasi
6.       Menata Informasi yang Diperoleh Sesuai Struktur  Teks Hasil Observasi
7.       Memvariasikan Kalimat dan Pengembangan Paragraf pada Teks Laporan Hasil observasi.
8.       Menulis kalimat penutup.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok melaporkan secara tertulis rencana yang telah disusun kelompoknya untuk dibuat teks laporan hasil observasi.
Guru memberikan komentar dan umpan balik.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai Merangkum untuk Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
4)      Peserta didik ditugaskan untuk melanjutkan penyusunan teks laporan hasil observasi menggali informasi dengan mengamati objek dan membaca buku tentang topik yang telah ditentukan sehingga menjadi sebuah teks yang siap disunting.
5)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 9-10 (4 JP). Merangkum untuk Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang kesiapan teks laporan hasil observasi tiap kelompok.
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
5)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
Peserta didik mengamati draft teks laporan hasil observasi yang telah disusun kelompoknya.
Salah seorang perwakilan kelompok membacakan teks hasil kelompoknya, diikuti oleh kelompok lainnya.
2)      Menanya
Guru dan peserta didik bertanya jawab dengan tiap kelompok mengenai bagian yang harus diperbaiki.
3)      Mengeksplorasi/mencoba
Peserta didik menyunting teks laporan hasil observasi.
4)      Menalar
Peserta didik dengan bimbingan guru memperbaiki teks laporan hasil obesrvasi.
5)      Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok mempresentasikan teks laporan hasi observasi kelompoknya
Kelompok lain memberi penilaian dan membandingkan dengan hasil kelompok masing-masing
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan presentasi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru memberikan penguatan mengenai menulis teks laporan hasil observasi.
4)      Peserta didik ditugaskan untuk menyiapkan teks yang telah selesai disunting dalam bentuk laporan dan tugas proyek menjadi narator/reporter video flora atau fauna Indonesia.
5)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

Pertemuan 11 (4 JP). Tugas Proyek
a.       Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru dan peserta didik berdoa bersama dan mengucapkan salam
2)      Guru dan peserta didik mengondisikan kelas untuk siap belajar (memeriksa kehadiran, menyiapkan buku pelajaran)
3)      Guru bertanya-jawab tentang kesiapan tiap kelompok mengenai tugas proyek.
4)      Peserta didik melakukan kegiatan dengan kelompok diskusi yang telah disusun sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengomunikasikan
Perwakilan tiap kelompok menyajikan video dan menjadi reporter untuk video yang disajikannya
Kelompok lain memberikan penilaian dan apresiasi terhadap penampilan kelompok penyaji.
Guru menjadi fasilitator dalam kegiatan penilaian dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang menunjukkan kinerja yang bagus.
c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya bagian yang kurang dipahaminya.
2)      Guru dan peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
3)      Guru dan murid menutup pertemuan dengan berdoa bersama dan memberi salam

H.     Penilaian
1.       Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
a.       Teknik Penilaian                           : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                      : Jurnal Perkembangan Sikap
c.       Instrumen
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Kelas                                         :
Periode Pengamatan         :

No
Tanggal
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
l




2




3




Sikap dicatat dalam jurnal perkembangan sikap pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penilaian tidak berupa angka tetapi deskripsi untuk pengolahan nilai rapor

2.       Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian                        : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                   : Uraian
c.       Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.        
3.7   Mengidentifikasi informasi dari  teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
1)      Mendaftar kata/kalimat  sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
2)      Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
3)      Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari
4)      Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi

d.      Instrumen                                   : Lampiran 2

3.       Penilaian Keterampilan
Teknik Penilaian                              : Unjuk Kerja, Portofolio
Bentuk Instrumen                          : Lembar Pengamatan
Instrumen                                         : Lampiran 1


4.       Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
Remedial dilaksanakan untuk Peserta didik yang belum menguasasi materi dan belum tuntas memahami materi pembelajaran. Kegiatan Remedial dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik  sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan antara lain :
a.       Mengulang materi pokok diluar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas
b.      Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas
c.       Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan
Materi yang di ulang atau di tes kembali adalah materi pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasasi oleh peserta didik.

b.      Pengayaan
Peserta didik diberi pengayaan berupa tugas untuk menulis teks laporan hasil observasi untuk dipajang di majalah dinding atau dikirimkan ke redaksi (surat kabar/majalah/tabloid).






Tanjungpandan, ............................

Mengetahui:



Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran













..............................

.......................

NIP ..............................

NIP ..................................



LAMPIRAN 1
INSTRUMEN PENILAIAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


Rubrik Penilaian Menulis Teks Prosedur

Hal yang dinilai
4
3
2
1
·         Judul menyatakan hal umum/ objek / fakta ilmiah
·         Judul ditulis dengan huruf awal huruf kapital
·         Judul tanpa menggunakan titik
·         Judul sesuai isi
(bobot 1)




Bagian awal teks sudah berisi sudah berisi definisi, asal, klasifikasi, konteks 
·         Menyatakan definisi
·         Mencantumkan klasifikasi objek (termasuk kelompok apa, informasi umum tentang objek/ belum dirinci)
·         tidak terdapat kesalahan kata/ kalimat
·         tidak terdapat kesalahan tanda baca
 (bobot 1)




Bagian inti berupa rincian objek
        Rincian ciri fisik objek
        Klasifikasi objek
        Rincian objek dari berbagai sudut
        Tidak terdapat kesalahan penggunaakalimat
        Tidak terdapat kesalahan tanda baca/ ejaan
(bobot 2)




Bagian penutup
·         Membuat kalimat ringkasan/ simpul 
·         Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
·         Tidak terdapat kesalahan penggunaan tanda  baca/ ejaan
(bobot 1)





Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur

NILAI  =
Skor yang diperoleh
 X 100
Skor Maks(16)



LAMPIRAN 2

PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Satuan Pendidikan
:

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VII / 1
Materi
:
Teks Laporan Hasil Observasi
Tehnik penilaian
:
Tertulis
Bentuk penilaian
:
Uraian
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran


Bacalah teks berikut ini!
Pepaya

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".
Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.
Untuk memproduksi papain, bahan baku yang perlu dipersiapakan adalah getah pepaya. Sementara bahan penolongnya berupa air dan sulfit. Air digunakan sebagai pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan sebagai pelarut bahan kimia.
Pengambilan getah buah dilakukan pada buah yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedang dalam masa penyadapan harus tetap tergantung pada batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang tepat untuk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam.
Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5–10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.
Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya




Berdasarkan teks diatas, jawablah pertanyaan dibawah ini!
No
Butir soal
1.        
Tuliskan 5 istilah biologi yang terdapat dalam teks diatas!
2.        
Tuliskan kalimat definisi yang dapat ditemukan dalam teks tersebut!
3.        
Apa gagasan pokok dari paragraf kedua?
4.        
Tulislah 2 informasi rinci yang terdapat pada paragraf teks di atas!
5.        
Dari mana pohon pepaya berasal?
6.        
Di bagian apa kita dapat menemukan getah pepaya?
7.        
Apa kegunaan papain yang diperoleh dari getah pepaya?
8.        
Kapan waktu yang tepat untuk menyadap getah dari pohon pepaya?


No
KUNCI JAWABAN
Skor
1.        
genus, enzim, papain, protease, sulfit, kultivar, hermafrodit, partenogenesis
5
2.        
…. enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya
…. "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis".
5
3.        
Bagian pepaya yang dapat dimanfaatkan
1
4.        
-          Pengambilan getah buah dilakukan pada buah yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedang dalam masa penyadapan harus tetap tergantung pada batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang tepat untuk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam.
-          Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5–10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.
5
5.        
Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan
1
6.        
Getah pepaya dapat ditemukan di batang, daun, dan buah
1
7.        
melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya
1
8.        
pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam
1

Skor Maksimal
20


NILAI  =
Skor yang diperoleh
 X 100
Skor Maks(20)

1 komentar:

  1. Baccarat in India - Baccarat, Baccarat Strategy and Bonuses
    In this guide, we explain the advantages of Baccarat online and the advantages of using it, as well as the disadvantages of using 바카라 it. หาเงินออนไลน์ Learn more. 카지노

    BalasHapus